Friday, September 16, 2016

Ini Cara Merawat MOGE Agar Mesin Awet Siap Touring


Tentunya ada rasa bangga dan kepuasan tersendiri ketika memiliki moge atau motor besar yang ber’cc besar juga. Ketika kondisi motor benar benar prima tentunya tidak akan ada kendala saat berkendara. Yang menjadi masalah yaitu saat motor kurang prima sehingga harus di benahi ini dan itu, tentunya sangat merepotkan dan harus mengeluarkan biaya tertentu. Untuk mencegah terjadinya hal hal yang seperti itu maka pengguna moge sebaiknya melakukan perawatan yang baik pada motornya sehingga tetap terjaga dan tetap prima. Ulasan kali ini akan membahas tentang tips merawat moge untuk mempermudah anda dalam melakukan perawatan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel dan lain sebagainya. Bagi yang sudah penasaran langsung saja simak ulasan di bawah ini.
merawat moge
Langkah Langkah Perawatan
Cara merawat moge yang pertama di lakukan pada bagian sistem kopling. Apabila kopling hidrolis di gunakan terus menerus tentunya minyak oli pada hidrolis juga akan menjadi panas yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya slip pada kopling. Untuk mencegah kejadian tersebut maka anda dapat menggunakan minyak rem dengan type DOT 4 atau dapat juga dengan menggunakan DOT 5 yang fisiknya lebih tahan terhadap panas. Gantilah oli moge dengan jarak maksimal 2000 km. Meski moge jarang di gunakan, oli tetap harus di ganti dengan teratur. Di sarankan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi dari moge tersebut.
Tips merawat moge berikutnya yaitu di lakukan pada saklat cut off. Ketika sedang berhenti, pada umumnya banyak pengguna moge yang langsung saja mematikan motornya menggunakan kunci kontak. Sebaiknya anda menggunakan tombol cut off untuk mematikan motor. Hal ini dapat mencegah terjadinya arus balik pada CDI sehingga membuat pengapian menjadi lebih awet. Perawatan juga di lakukan pada bagian aki yang apabila aki mulai lemah maka harus di isi ulang dalam 3 jam. Hal ini di lakukan agar aki menjadi lebih awet. apabila di tinggal dalam waktu yang lama maka kabel kutub minus pada aki harus di lepaskan.
Melakukan perawatan moge juga tetap harus di lakukan meski pengguna akan berencana untuk meninggalkan motornya dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya gunakan standar bagian tengah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada ban moge yang dapat disebabkan oleh ketiadaan tekanan ekstra. Apabila moge di gunakan pada jalanan yang berlumpur maka sesudah menggunakan, bagian rem cakram harus di semprot menggunakan pembersih rem untuk menghindari kemacetan.
Tujuan perawatan moge di lakukan untuk menjaga kenyamanan mesin motor. Dan tidak hanya itu saja, bagian lapisan krom yang berada di tengah knalpot moge juga dapat di ubah warnanya dan untuk melindunginya dapat dengan menggunakan batu hijau atau langsol yang di tumbuk halus lalu di campurkan ke dalam minyak tanah dan di gosok gosokkan pada bagian yang sudah kusam.
Itulah beberapa informasi mengenai tips merawat moge yang dapat anda terapkan secara langsung demi kenyamanan mesin moge anda. Perawatan juga di lakukan untuk membuat mesin moge lebih awet dan tahan lama kemudian terhindar dari kerusakan mesin dan juga terhindar dari yang namanya mogok.

Van Group Foundation

Author & Editor

Isshōkenmei oinori o shi, seiippai hataraku 一生懸命お祈りをし、精一杯働く ‘Berdoa sepenuh hati, bekerja sekuat tenaga””

0 comments:

Post a Comment